Sabtu, 26 Maret 2011

Apakah makanan favoritmu?

Ketika pertanyaan semacam ini dilontarkan pada anak-anak remaja atau orang muda, satu deret menu makanan siap saji ala Amerika (American Fastfood) akan mendominasi jawaban mereka.

Saya adalah seorang guru Bahasa Inggris dan saya sering bertanya kepada murid-murid yang kebanyakan murid sekolah dasar dan sekolah menengah,”What’s your favorite food?” Jawaban yang sering saya dengar adalah Kentucky Fried Chicken, Hamburger, Pizza. Ada beberapa yang menjawab dengan bakmi goreng, nasi goreng, soto, bakso sebagai makanan favorit mereka. Tidak pernah saya mendengar seorang dari mereka menjawab dengan menu sehat seperti sayur bening, brokoli, sawi, kangkung atau nama-nama sayur-mayur lainnya sebagai makanan favorit mereka.

Saya sendiri pernah memfavoritkan Kentucky Fried Chicken sewaktu saya masih kuliah. Seminggu sekali saya pasti makan ayam goreng produk franchise dari Amerika (Kentucky Fried Chicken, California Fried Chicken, atau Mc Donald) yang memang lezat rasanya. Walaupun sudah pernah saya dengar bahwa makanan semacam ini adalah junk food (makanan sampah), rendah gizi, tinggi lemak, bisa bikin gemuk,dll, tetapi tetap saja saya konsumsi setiap hari Sabtu atau Minggu.

Sekarang setelah saya menjadi dewasa, menikah dan memiliki 3 orang anak, saya menjadi lebih peduli dengan apa yang saya makan. Saya mulai memperhatikan pola makan saya. Saya juga memberikan menu sehat pada anak-anak saya yang masih balita. Saya mempelajari menu diet sehat dari buku-buku masakan yang saya beli.

Hal-hal yang saya lakukan akhir-akhir ini dalam upaya menerapkan diet sehat sebagai pola hidup:
1. Meminimalkan frekwensi makan makanan siap saji, seperti Fried Chiken: sebulan atau du bulan sekali.
2. Buah-buahan sebagai snack.
3. Perbanyak porsi makan sayur
4. Tidak memberli banyak-banyak makanan ringan ketika belanja di supermarket.
5. Mengurangi cara masak dengan menggoreng dalam minyak banyak.
6. Tidak menggunakan penguat rasa monosodium glutamate (MSG) ketika memasak makanan.
7. Menggunakan minyak olive untuk menumis ataupun menggoreng telor.
8. Meminimkan konsumsi mie instan.
9. Ketika makan di restoran, memilih menu bakar ketimbang goreng.
10. Memesan teh tawar panas ketimbang es teh manis ataupun es teh tawar ketika makan di luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar