Senin, 04 Juli 2011

MENDETEKSI KANKER PAYU DARA DENGAN MELAKUKAN PEMERIKSAAN MAMMOGRAFI


Apakah Mammografi Itu ?Mammografi adalah pemeriksaan menggunakan sinar rontgen dosis rendah, untuk melihat bagian dalam payudara.
Bagaimana Pemeriksaan Mammografi Dilakukan ?Pada pemeriksaan dilakukan oleh Radiografer wanita. Kami menganjurkan untuk tidak menggunakan deodorat atau bedak sebelum pemeriksaan. Untuk mendapatkan gambar yang baik, payudara anda akan dikompresi / di tekan sehingga mungkin menimbulkan sdikit rasa tidak nyaman. Kemudian foto akan dibaca oleh seorang Dokter Spesialis Radioogi yang kemudian dibuatkan laporan tertulis oleh dokter anda. Kadang-kadang diperlukan pemeriksaan lanjutan misalnya dengan USG payudara untuk memastikan benjolan terdiri dari jaringan padat atau cair serta Biopsi Aspirosi Jarum Halus (FNAB).
Mengapa Dilakukan Pemeriksaan Mammografi ?Saat ini kanker payudara menduduki urutan kedua terbanyak penyebab kematian pada wanita. Kanker payudara biasanya terjadi diatas usia 30 tahun, terbanyak usia 45 tahun ke atas. Lebih dari 80% kanker payudara ditemukan secara tidak sengaja oleh penderita sendiri atau pada waktu berkunjung ke dokter. Pencegahan kanker payudara dapat dilakukan secara dini dengan pemeriksaan Mammografi.
Kapan Sebaiknya Pemeriksaan Dini Dilakukan ?•    Wanita usia 35-39 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan dasar.
•    Wanita usia 40-49 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan setiap 1-2 tahun.
•    Wanita usia 50 tahun ke atas, sebaiknya melakukan pemeriksaan setiap tahun, walaupun tidak ada keluhan.
Bagaimana Bisa tejadi Kanker Payudara ?•    Adanya benjolan di payudara, yang biasanya tidak sakit, walaupun bisa juga terasa sakit.
•    Adanya pengeluaran cairan dari puting susu.
•    Puting susu yang tertarik di dalam.
•    Rasa sakit di payudara yang terus menerus.
•    Payudara mengeluarkan cairan (darah atau nanah).
•    Ada sejarah kanker payudara dalam anggota keluarga yang dekat (nenek, ibu, tante, saudara kandung).
•    Kelainan kulit diatas payudara yang menahun.
Dimana Dapat Melakukan Mammografi ?Pemeriksaan Mammografi dapat dilakukan di RS Mitra Kemayoran dengan menggunakan alat SENOGRAPHIE. Dengan cara pemeriksaan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi sebagai pemeriksaan pelengkap Mammografi, diperlukan terutama untuk membantu membedakan tumor jinak dengan tumor ganas, pada pasien usia muda (kelenjar payudara masih padat dan untuk membedakan lesi padat) dengan lesi kistik (cair).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar