Senin, 04 Juli 2011

MRI - MAGNETIC RESONANCE IMAGING


Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan salah satu alat kedokteran mutakhir yang digunakan untuk pemeriksaan diagnostik radiologi.
MRI dapat menghasilkan gambar potongan penampang tubuh / organ manusia serta menunjukkan perbedaan antar organ yang sangat jelas dengan resolusi yang tinggi serta lebih sensitif untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh. Organ-organ tubuh seperti otak, tulang belakang dengan susunan sarafnya serta persendian seperti pada keadaan cedera lutut maupun cedera sendi bahu dapat lebih detil tergambarkan dengan menggunakan pemeriksaan MRI. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan dengan MRI yaitu evaluasi anatomi dan kelainan dalam rongga dada, payudara, organ-organ dalam perut, payudara, pembuluh darah dan jantung.
MRI tidak menggunakan radiasi sinar X ataupun bahan radioaktif, melainkan menggunakan medan magnet kuat yang mengelilingi tubuh. Dengan menggunakan teknik ini, MRI tidak menimbulkan sakit atau kerusakan jaringan akibat efek radiasi atau lainnya. Bahkan dengan kemajuan teknologi MRI saat ini, kebutuhan untuk penggunaan media kontras dapat dikurangi untuk sebagian besar pemeriksaan MRI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar