Kamis, 17 Februari 2011

11 JENIS MAKANAN PALING MENYEHATKAN

 
Tahukah Anda, kalau tidak ada diet yang sempurna. Entah itu, diet rendah karbohidrat, diet tinggi protein atau diet-diet lainnya. Karena, sebenarnya kita membutuhkan semua zat makanan. Inti dari diet adalah menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Jadi, selama Anda menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat Anda tidak perlu membatasi zat-zat makanan tertentu seperti protein dan karbohidrat.

Untuk menerapkan pola makan yang seimbang tentunya Anda harus juga harus mengetahui makanan-makanan sehat yang harus dikonsumsi. Makanan yang sehat untuk dikonsumsi ternyata makanan-makanan yang sedikit mengalami proses pemasakan. Terutama sayur-sayuran, buah-buahan, susu murni dan lain-lain. Kandungan karbohidrat, protein dan lemak didalamnya masih asli belum ditambahkan dengan penyedap atau bumbu lain.

Banyak zat-zat penting dari makanan hilang dalam proses memasak terutama jika dimasak dalam waktu lama. Untuk itu minimalkan waktu memasak untuk menjaga enzim, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi alami lainnya yang terdapat pada makanan. Hal itu agar makan yang kita konsumsi berguna bagi tubuh dan bisa memenuhi kebutuhan kita.

Salah satu contoh makanan yang bisa Anda konsumsi tanpa dimasak atau dengan proses masak yang sebentar adalah kacang-kacangan. Kacang panjang bisa Anda makan langsung sebagai camilan atau sebagai lalapan dengan sambal tanpa harus direbus dulu. Yang penting Anda sudah mencucinya dibawah air mengalir dengan bersih. Lalu, untuk kacang kedelai atau kacang tanah, rebuslah sebentar kemudian makanlah sebagai camilan. 

Untuk mendapatkan protein hewani terbaik, sebaiknya pilih daging ayam atau daging sapi yang berkembang di perumputan, bukan dikembangbiakkan di peternakan. Karena, biasanya sapi atau ayam berkembang biak di peternakan telah disuntik hormon dan antibiotik agar tumbuh dengan besar. Tak ketinggalan, sumber protein hewani yang juga kita sering konsumsi adalah ikan. Jangan terlalu lama memasak ikan dan sebaiknya jangan digoreng dengan minyak yang terlalu banyak dan sangat panas karena akan menghilangkan nutrisinya.

Untuk buah-buahan, yang harus selalu Anda konsumsi adalah apel. Apel mengandung banyak serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan, kandungan mineralnya juga bagus untuk tulang. Selain apael, ada buah yang juga bisa Anda konsumsi secara teratur, yaitu delima. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah delima ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bisa menjadi viagra alami bagi kaum pria. Untuk mengonsumsi buah sebaiknya langsung konsumsi saja dan jika dibuat jus jangan menambahkan gula di dalamnya.

Selain itu, jangan ketinggalan menyertakan bawang-bawangan dalam masakan Anda. Seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Bawang sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bawang putih bisa membantu mencegah terjadi kanker.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar