Kamis, 17 Februari 2011

TIPS MENENANGKAN BAYI REWEL DI MALAM HARI

Duh, kenapa ya, bayi Anda yang baru lahir kerap rewel dan menangis di malam hari. Ada beberapa sebab bayi baru "hobi" menangis dan simak tips menanganinya.
  • Jika karena lapar: beri minum/susui menjelang tidur malam agar bayi kenyang dalam jangka waktu lama.
  • Jika karena buang air (dengan mencium atau meraba popoknya): segera ganti popoknya dan bersihkan seputar alat genetalianya sampai bersih dengan kapas, kemudian keringkan dengan lap kering.
  • Jika karena baju basah akibat keringat: bersihkan tubuhnya dengan waslap, keringkan, dan ganti dengan baju yang menyerap keringat.  
  • Jika telapak tangan atau kakinya dingin: pakaikan kaus kaki dan selimuti agar si kecil tetap hangat. Jika masih berumur dua atau tiga bulan, Anda dapat membedongnya dengan menggunakan selimut bayi. Perhatikan suhu ruangan, jika menggunakan AC, suhu berkisar antara 25-27 ÂșC.
  • Jika karena terganggu waktu tidurnya: ninabobokan dengan bersenandung atau memutarkan lagu yang tenang sambil mengayun-ayun atau mengelus-elus punggung atau dahinya. Bisa juga dengan meredupkan lampu kamarnya, serta usahakan ruangan cukup hangat dan tidak pengap. Uniknya, terkadang bayi merasa nyaman dengan suara-suara mesin, seperti generator atau mesin air yang berbunyi terus-menerus.
  • Jika karena kolik (tangisnya terus-menerus dan melengking seperti kesakitan): gendong bayi dalam posisi rebah di dada Anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang, gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya, membuat si kecil merasa nyaman dan tertidur kembali. ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar