Minggu, 23 Januari 2011

10 Tips Menjaga Kebersihan Air

Tindakan kecil yang kita lakukan dapat membawa dampak besar. Ya, tindakan tampak remeh dan dipandang sebelah nyata ternyata bisa berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan. Apalagi jika terkait dengan masalah kebersihan air. Semua orang harus ikut menjaga kebersihan air demi terciptanya lingkungan yang sehat. Silahkan ikuti semua tips berikut  untuk membantu menjaga sungai dan anak sungai menjadi lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

1. Jangan membuang limbah rumah tangga langsung ke saluran pembuangan air. Selain dapat menyebabkan air jadi terkontaminasi, saluran yang tersumbat sampah juga berakibat pada meluapnya air alias banjir. Imbasnya tidak hanya Anda yang akan merasakan, namun juga ratusan bahkan ribuan orang lainnya

2. Jangan membuang limbah kimia ke lubang saluran air. Termasuk oli, bahan bakar, limbah industry rumah tangga semisal bekas pencucian batik dan yang lainnya. Material-material dimaksud dapat merusak ekosistem sungai dan mencemari air.

3. Ambil dan kubur limbah hewan peliharaan. Limbah hewan peliharaan cukup berbahaya jika masuk ke dalam sumbr air. Pasalnya, mereka berkontribusi terhadap besar terhadap pertumbuhan parasit, bakteri dan virus di dalam air. Bisa membuang limbah tersebut di toilet.

4. Praktekkan perawatan tanaman di taman hanya dengan menggunakan pupuk organik dan menghemat penggunaannya. Hindari pestisida! Bahan kimia ini akan disapu ke saluran air lokal oleh hujan dan membahayakan kehidupan air.

5. Alirkan langsung limpahan air hujan ke atas permukaan berpori,  atau jalan yang tidak diaspal. Atau gunakan tong penampung air hujan untuk mengumpulkan air hujan dan gunakan untuk menyiram tanaman di halaman Anda.

6. Praktekkan perawatan kendaraan yang ramah lingkungan. Periksa kendaraan Anda untuk menghindari kebocoran dan segera perbaiki jika Anda menemukannya. Cuci mobil di halaman atau di jalan agar air langsung merembes ke dalam tanah dan bukan mengalir ke saluran pembuangan air.

7. Jika Anda memiliki sistem septik, periksa pompanya secara teratur.

8. Jangan membuang sesuatu ke sungai atau benda lainnya di dekat aliran air. Bahkan puing-puing taman seperti daun, cabang dan potongan rumput dengan jumlah yang berlebih cukup berbahaya bagi saluran air kita.

9. Jaga dan lindungi tepian saluran air. Biarkan vegetasi asli untuk tumbuh bebas dalam jarak 10-kaki sepanjang tepi sungai untuk mengurangi erosi dan membantu menyaring polutan.

10. Berpartisipasi dalam program-program kebersihan masyarakat, seperti kegiatan Hari Bumi yang diselenggarakan setiap April.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar