Minggu, 23 Januari 2011

Pilih-Pilih Makanan Lebaran

Hari Raya Idul Fitri mungkin sudah lewat. Namun tentunya persediaan makanan khas lebaran cukup melimpah ruah Tetapi alangkah sayangnya apabila setelah hari kemenangan itu kita menderita sakit yang disebabkan salah diet makanan. Layaknya ”balas dendam”, tak sedikit dari kita yang merasa dikekang pola makannya saat bulan puasa lalu.
Sebetulnya puasa akan mampu menstabilkan metabolisme tubuh kita, jika kita tetap menjaga pola makan yang baik dengan asupan gizi yang cukup.

Apa saja tips yang dapat dilakukan utuk memilih makanan yang tetap sehat setelah hari raya?

  • Untuk penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi, perhatikan makanan yang serba asin dan berhati-hatilah. Hindari menyantap opor ayam, ketupat, gulai daging, soto ayam dan sejenisnya. Kadar garam yang tinggi dapat mengancam tekanan darah Anda.

  • Untuk mencegah peningkatan kadar asam urat, hindari makanan yang mengandung purin. Tak dapat dipungkiri makanan lebaran memang relative banyak mengandung purin. Kita harus pandai-pandai menakar jumlah makanan yang ingin kita nikmati. Purin yang berbahaya untuk asam urat bisanya tekandung dalam : Jeroan ( usus, limpa, paru, hati, jantung dan otak ), kacang-kacangan dan sayur bayam. Pastikan juga untuk mencukupkan minum air putih untuk memperingan kerja ginjal selama lebaran.

  • Untuk penderita Diabetes atau kencing manis penting untuk memperhatikan asupan makanan terutama terkait karbohidrat. Karbohidrat dan protein harus dijaga takarannya, jangan melebihi ambang batas yang diperbolehkan oleh dokter Anda. Tetap hindari makanan da minuman yang serba manis, seperti sirup, pudding, manisan kolang-kaling serta kue-kue lebaran lainnya.

  • Untuk Anda yang menderita alergi makanan tertentu, penting diingat untuk tetap mewaspadai beraneka ragam hidangan makanan lebaran yang disajikan. Bertandang ke rumah sanak saudara, acap kali kita menemukan ‘makanan baru’ atau makanan khas nusantara yang tidak sering kita jumpai. Pastikan keinginan kita mencoba segala makanan tersebut tetap dilandasi kewaspadaan akan bahaya alergi atau ancaman penyakit seperti hipertensi, asam urat ataupun diabetes. Perhatikan dan tanyakan apa saja kandungan bahan makanan yang akan Anda santap.

Selamat menikmati makanan khas lebaran dengan tetap mengingat asupan gizi yang cukup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar