Minggu, 23 Januari 2011

Tetap Bugar Saat Mudik

Lebaran Sebentar Lagi! Sebagian dari kita merasa hidupnya tak lengkap jika di saat Idul Fitri nanti tidak pulang ke kampung halaman. Pulang ke kampung halaman atau mudik pun sudah jadi bagian dari budaya besar di negara kita.
Tak sedikit dari kita melupakan persiapan untuk menjaga kondisi tubuh selama perjalanan mudik. Jarak tempuh menuju kampung halaman yang mencapai lebih dari 12 jam (rute Jakarta menuju Jawa Tengah) tentu perlu disiasati, baik bagi kita yang mudik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum.
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan perjalanan panjang mudik Anda? Berikut tipsnya :

  • Sehari sebelum perjalanan mudik, pastikan Anda beristirahat dengan cukup. Tidurlah dengan waktu yang cukup. Terlebih jika Anda mengemudikan sendiri kendaraan menuju kampung halaman. Tidur sesungguhnya efektif mengistirahatkan semua organ tubuh agar tidak mudah kelelahan.

  • HIndari dehidrasi tubuh. Bawa dan minumlah cukup air putih selama perjalanan. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan.

  • Pentingnya air minum juga terkait dengan kerja ginjal yang cukup berat selama perjalanan. Karena selama perjalanan kita cenderung duduk dalam waktu lama, hal inilah yang dapat menyumbat peredaran darah. Peredaran darah yang terhambat memerlukan kerja ginjal yang lebih keras. Minum air dengan takaran yang cukup dapat membantu kerja ginjal dan menghindarkannya dari kerusakan.

  • Streching atau melakukan olah tubuh ringan selama perjalanan juga cukup penting. Lakukan disela-sela waktu istirahat. Stretching dapat membantu melancarkan kembali peredaran darah dan menghindarkan diri dari rasa loyo dan lemas. Terlebih untuk Anda yang mengemudi. Gerakkan seluruh tubuh perlahan dan santai serta lemaskan. Untuk Anda yang mengemudi penting juga untuk merilekskan organ tubuh yang bekerja keras saat mengemudi seperti tangan dan kaki.

  • Bekal makanan akan menyenangkan. Bawalah snack dan buah-buahan yang cukup karena dapat membantu menjaga asupan tenaga dan vitamin selama perjalanan. Selama perjalanan hindari minuman berkafein terlalu banyak (terutama untuk penumpang). Mengonsumsi minuman berkafein terlalu banyak akan membuat perjalanan terasa semakin tidak nyaman karena umumnya kafein akan memberikan efek sulit tidur.

  • Untuk perjalanan di malam hari, bawalah pakaian hangat seperti jaket atau sweater. Selain itu, penting pula untuk membawa penutup kepala. Semakin malam suhu dan hawa udara semakin dingin, terlebih saat hujan. Perlu diingat jika panas tubuh dilepaskan oleh kepala sebesar 30% saat udara dingin. Minuman hangat seperi teh atau air Jahe juga dapat membantu menjaga kehangatan tubuh.

  • Untuk menghindari kaki bengkak karena duduk terlalu lama, usahakan berjalan-jalan sedikit saat istirahat di rumah makan, SPBU atau menuju toilet. Dapat pula mencuci kaki setiap kali istirahat. Berjalan dan mencuci kaki dapat melemaskan otot serta menghindarkan diri dari bengkak dan kram.

  • Khusus bagi Anda yang mengemudi, istirahatlah segera jika ngantuk mendera. Akan lebih aman jika ada supir pengganti. Jika tidak tidurlah sejenak, karena mengemudi saat ngantuk sangat membahayakan Anda dan orang lain. Usahakan beristirahat setiap 2-3 jam mengemudi untuk menghindari kelelahan yang berat.

  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi serta obat lain sebagai pencegahan seperti obat pencegah masuk angin ataupun balsam untuk menghangatkan badan.
Selain tips-tips diatas, perlu juga mempersiapkan mental sebelum pejalanan jauh. Persiapan mental atau kesiapan psikis diantaranya dengan merilekskan pikiran. Hindarkan pikiran bahwa perjalanan jauh tersebut adalah beban. toh sesampainya di kampung halamanan nantinya Anda berbahagia bersama sanak keluarga. Tetaplah ‘enjoy’ selama perjalanan meskipun macet ataupun menghadapi jalan yang rusak. Serta tetaplah mengemudi dengan sopan, aman, toleransi serta tak kalah penting adalah mematuhi peraturan lalu lintas.
Jika kita ‘enjoy’ selama perjalanan tentunya akan membuat badan dan pikiran bebas stres. Efeknya badan kita pasti bugar hingga di kampung halaman menyambut hari yang fitri nanti.

Selamat Mudik dan tetap sehat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar