Minggu, 23 Januari 2011

Sehat & Bugar Selama Puasa

Ingin terlihat aktif dan enerjik selama puasa? Jangan sembarangan menentukan langkah-langkah jitu untuk menghadapi datangnya bulan puasa. Tentu saja Anda tak ingin loyo saat menjalankan puasa, karena aktivitas Anda tidak ikut ‘berpuasa’. Berikut triknya agar Anda senantiasa sehat dan bugar.

Makanan tepat saat puasa
Pastikan makanan bersantap saat buka dan sahur Anda bermenu seimbang, yaitu mengandung karbohirat, lemak yang baik, protein, vitamin, mineral, dan serat. Agar metabolisme tubuh Anda tidak terganggu selama puasa, hindari makanan bersantan, pedas, dan kaya bumbu. Makanan jenis ini cepat merangsang panas dan menimbulkan keringat sehingga mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Hindari pula makanan manis saat sahur karena berpotensi memicu pemakaian energi lebih banyak. Akibatnya Anda mudah mengantuk karena kekurangan energi dan asupan oksigen ke otak.
Sebaliknya, perbanyak sayuran, buah, dan minum air putih. Lakukan olah raga ringan sekitar 1-1,5 jam menjelang berbuka puasa selama maksimal 30 menit. Selamat berpuasa..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar