Minggu, 23 Januari 2011

AWALI HARI DENGAN GIZI OPTIMAL

Win the morning and you win the day.
Karena itu, siapkan diri Anda sejak pagi agar Anda bisa jadi ‘pemenang’ setiap hari. Kesibukan di pagi hari, sering membuat kita melupakan sarapan. Waktu yang pendek serta macetnya jalan adalah alasan utama untuk meninggalkan sarapan. Padahal sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Menurut penelitian yang dilakukan tim gizi dari University of Minnesota, melewatkan sarapan adalah hal yang merugikan, karena akan mendorong Anda mengubah kebiasaan makan. Disamping itu rasa lapar di pagi hari bisa berakibat pada berkurangnya kemampuan tubuh menentukan cukup tidaknya makanan yang masuk, mengakibatkan kelelahan dan rasa gelisah, khususnya di pagi hari, ketika kegiatan otak dan koordinasi anggota tubuh tengah padatpadatnya.

Pentingnya sarapan
Sarapan juga penting untuk menunjang konsentrasi Anda sepanjang hari. Bila kita melewatkan sarapan, kita akan kehilangan energi yang cukup untuk menampilkan performa kerja yang prima. Menu sarapan tidak perlu menu lengkap seperti makan siang, karena makan pagi yang terlampau kenyang pun dapat menyebabkan kantuk dan sakit perut. Tubuh Anda dapat dianalogikan seperti mobil dan makanan sebagai bensinnya. Ketika tidur selama 7-8 jam, tubuh Anda tetap menggerakkan organ di dalamnya, dan proses tersebut membutuhkan energi, maka ketika Anda bangun, tubuh sebenarnya sedang dalam keadaan ‘mogok’ karena kekurangan asupan untuk menjadi energi. Sarapanlah yang bertugas menjadi ‘bensin’ untuk aktivitas Anda sampai waktu makan selanjutnya.

Sarapan dan diet
Banyak yang beranggapan bahwa melewatkan sarapan ketika berdiet dapat membakar lebih banyak kalori, padahal yang sebenarnya terjadi adalah rasa lapar ganda yang nantinya membuat Anda makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya ketika makan siang atau Anda akan mencari alternatif makanan dengan mengemil. Sarapan ketika diet justru sangat dianjurkan karena akan memberi asupan serat, gizi dan protein ke tubuh sehingga menekan lonjakan rasa lapar saat makan siang. Namun bagaimana pun pasti ada saatnya kita tidak sempat sarapan, atau hanya punya cukup waktu untuk minum segelas air. Seringkali ketika berdiet, kita mengurangi makanan yang kita konsumsi, namun yang sering tidak kita sadari terjadi juga pengurangan nutrisi penting. Sulit untuk mendapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh bila Anda melewatkan makan, atau hanya memakan sedikit makanan. Malah akhirnya cenderung mengonsumsi cemilan berlebih atau hanya meminum air.

Sarapan dengan kombinasi yang tepat
Makanlah sarapan dengan kombinasi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang sesuai. Misalnya nasi dengan sayur, atau sereal dengan buah-buahan, agar tubuh Anda akan mendapat nutrisi yang seimbang. Awali hari Anda dengan sarapan agar lebih siap menghadapi berbagai tantangan. Lengkapi dengan suplemen sebagai tambahan, bila dirasa perlu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar