Minggu, 23 Januari 2011

Cara Tingkatkan Stamina dan Tenaga Saat Bersepeda

Seiring meningkatnya aktivitas bersepeda Anda, tentunya Anda ingin stamina dan daya tahan tubuh tetap prima saat bersepeda. Selain pola makan yang baik dan teratur, Anda bisa mempertimbangkan tips berikut ini:
  1. Berenang secara teratur. Luangkan 30 menit, tiga kali seminggu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  2. Berlatih mendaki atau melawan angin bagus untuk kekuatan bokong Anda. Jika Anda ingin lebih kuat gabungkan keduanya.
  3. Latihan beban. Pastikan menggunakan teknik yang sesuai. Mulailah dengan mengangkat beban yang ringan dan meningkatkan jumlah pengulangannya. Dengan dasar yang baik, Anda dapat meningkatkan beban angkatan dengan pengulangan sedikit. Jika Anda ingin melakukan angkat berat dengan kuda-kuda jongkok, jaga agar paha Anda selalu pada posisi sejajar lantai, posisi lutut dalam sudut 90 derajat.
  4. Lari jarak jauh secara teratur meningkatkan ketahanan jantung. Pilih juga sepatu yang tepat untuk menghindari cedera saat berlari.
  5. Bagi Anda pesepeda ‘flat lander’ atau time trialist, lakukan 3 set dari 100 perulangan ‘leg press’ di gym. Gunakan hanya setengah kemampuan maksimal Anda. Memang sedikit menyakitkan namun Anda akan melihat sendiri hasilnya.
  6. Di musim hujan, Anda bisa memilih alat latihan seperti ‘eliptical trainer’. Alat jenis ini memungkinkan Anda untuk melakukan latihan tubuh menyeluruh dan meningkatkan kelenturan otot. Keuntungan lain, alat jenis ini biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengayuh kaki ke belakang. Ini memungkinkan untuk mengakomodir otot-otot di tempat yang lain untuk turut bekerja. Nantinya ini akan menguntungkan saat Anda menemui rute mendaki. Alat  ‘elliptical trainer’ juga melatih lengan dan bagian atas tubuh yang lain. Atur ritme dan pastikan bagian atas dan bawah tubuh terlatih secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar