Minggu, 23 Januari 2011

SNACK KAYA KALSIUM (Ca)

‘Ngemil’ atau menyantap kudapan memang cukup mengasyikkan dalam mengisi waktu senggang atau sekedar ‘mengganjal perut’. namun terkadang kita terjebak dalam pola konsumsi snack yang kurang menyehatkan. Tak sedikit dari kita yang menyantap makananan ringan yang malahan merusak diet atau merusak metabolisme tubuh secara tidak langsung.

Sebenarnya cukup banyak pilihan makanan ringan atau kudapan yang cukup sehat dan membantu diet kalsium kita. Sejumlah snack memiliki kandungan kalsium yang dapat mencukupi kebutuhan kita sehari-hari dalam menjaga kekuatan tulang dan gigi serta mencegah kalsium.

Menyantap kudapan kaya kalsium cukup penting untuk anak-anak serta orang dewasa terutama wanita. Semakin tua tulang kita secara alami akan menipis. Pada wanita proses penipisan tulang tersebut akan lebih cepat lagi terjadi setelah terjadinya Menopause.

Tapi jangan takut, karena jika kita pandai memilih kudapan yang sehat dan mengandung cukup banyak kalsium. penipisan tulang dapat kita tangkal.

Lalu apa saja kudapan yang dapat membantu tubuh kita memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari? Sumber utama kalsium ada pada Dairy Product atau makanan olahan dari susu. banyak kudapan yang kita temukan, berasal dri olahan susu.

Biskuit yang mengandung banyak susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Pilihlah biskuit yang memiliki takaran perbandingan dengan segelas susu (misal satu kemasan 100 gram setara dengan 1 gelas susu)

Yogurt dan keju juga merupakan pilihan yang baik untuk sumber kalsium. Yogurt atau Frozen yogurt dapat dikombinasikan dengan berbagai buah-buahan atau topping lainnya seperti sereal, biskuit yang memiliki kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium, karena dua mineral tersebut dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik. Dapat pula anda memilih kue-kue, biskuit atau wafer dengan kandungan keju yang kaya.

Salad yang dibubuhi keju serta memiliki kandungan sayuran hijau dapat menjadi pilihan yang baik di sore hari. sayuran hijau tersebut diantaranya Bok choy, lobak hijau, sawi dan kubis China. dapat pula sayuran tersebut kita jadikan sup yang dikombinasikan dengan snack kedelai.

Kedelai dan olahannya juga cukup banyak mengandung kalsium yang baik untuk tulang. 50 gram tahu mengandung 258 miligram kalsium. Selain kaya kalsium, makanan dari kedelai mengandung cukup banyak isoflavon yang membantu kalsium terikat di dalam tulang. Efek positif ini baik untuk wanita dalam masa pasca-menopause.

Salmon juga merupakan sumber yang baik untuk asupan kalsium. kKndungan kalsium dan vitamin D dari salmon serta omega-3 sangat baik untuk mencegah penipisan tulang dan osteoporosis, utamanya untuk usia diatas 50 tahun. Kudapan seperti Suhsi  atau Onigiri dengan salmon selain nikmat juga dapat menyempurnakan diet kalsium Anda.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan tulang. Almond, Pistachio dan biji bunga matahari (seperti Kuaci) mengandung banyak kalsium. Kacang tanah dan Almond mengandung Kalium yang melindungi hilangnya kalsium dalam urin. kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi lain yang mendukung pembangunan tulang kuat.

Satu hal yang cukup penting dalam mencari kudapan yang sehat untuk tulang adalah menghindari kadar garam yang berlebihan. Karena seberapapun banyaknya kudapan tinggi kalsium yang kita makan, jikalau kita menyantap kudapan yang telalu ‘asin-asin’ atau mengandung banyak garam akan menggugurkan diet kalsium kita. Garam merupakan penyebab utama dalam menurunnya kalsium dalam tubuh. Terlalu banyak garam akan membuat kalsium larut dan terbuang dalam urin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar