Minggu, 23 Januari 2011

JANGAN PERNAH LIBUR BEROLAH RAGA

Kesibukan mengalihkan hidup Anda? Jangan lupa tetap berolahraga.  Aneka kegiatan untuk menjaga kebugaran tubuh bisa diselipkan diantara aktivitas harian Anda. Bahkan jika masih tidak sempat berolahraga di saat berlibur, ada beberapa kegiatan ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran.
“Sangat penting menjaga kebugaran selama liburan,” kata Karen Basen-Engquist dari University of Texas Anderson Cancer Center MD. Namun, bila Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym, Karen menambahkan, “Banyak cara untuk mendapatkan kebugaran dengan melakukan aktivitas harian selama 30 menit.”
Profesor dari Departemen Ilmu Sosial ini menawarkan beberapa tips pengganti olahraga selama liburan:
  • Saat berbelanja, parkir kendaraan agak jauh dari pintu masuk pusat perbelanjaan. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, turunlah beberapa meter sebelum pintu masuk. Saat berada di dalam gedung, gunakan tangga, bukan lift atau eskalator. Dan jika memungkinkan, bawa sendiri barang-barang belanjaan dibandingkan dengan menggunakan kereta belanja. Dua hal sederhana tadi akan membantu meningkatkan denyut jantung dan memperkuat otot-otot Anda. “Sebagai olahraga ringan, berjalanlah dengan mengeluarkan napas pendek. Rasakan jantung berdetak lebih cepat.  Bicaralah dalam kalimat-kalimat pendek,” tutur Basen-Engquist.
  • Anda akan kedatangan tamu di rumah? Manfaatkan momen ini untuk berolahraga. Menyapu, mengepel, menyedot debu, berkebun, dan bolak-balik berjalan ke ruang tamu akan menggerakkan otot-otot besar Anda seperti kaki dan punggung. “Yang terpenting adalah menjaga denyut jantung dengan konsisten. Pertahankan aktivitas minimal selama 10 menit tanpa berhenti,” ujar Basen-Engquist.
Basen-Engquist juga memberikan beberapa tips sederhana untuk berolahraga saat bepergian:
  • Saat menunggu keberangkatan kereta api, kapal terbang, atau bus, berjalan-jalanlah sebentar di sekitar stasiun/bandara/terminal.
  • Jika Anda mengemudi, selipkan aktivitas fisik saat berada di pom bensin atau saat rehat di tempat peristirahatan untuk meregangkan otot-otot kaki.
  • Manfaatkan fasilitas gym yang ada di hotel. Jika tidak tersedia, berlatihlah dengan DVD atau jelajahi daerah setempat sambil berjalan kaki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar