Minggu, 23 Januari 2011

TIPS KESEHATAN/ KECANTIKAN

No.
Nama
Jenis
Metode/ Keterangan
1.
PERAWATAN KULIT MUKA ATAU WAJAH DENGAN MENGHILANGKAN JERAWAT
A.  Penyegaran.

Jika akan tidur kulit muka kita gosok-gosok dengan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih halus lagi ketimun diparut atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih halus lagi ketimun diparut dicampur dengan air sedikit kemudian disaring dengan kain yang tipis. Akhirnya akan memperoleh air ketimun. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapuk kapas sehingga rata.
Paginya bangun tidur kita mencari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit, kemudian disapukan pada wajah yang telah digosok dengan air ketimun tersebut. Air hangat gunanya untuk menghilangkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan air es atau kulkan. Juga caranya sama, handuk tersebut diperas sedikit kemudian disapukan pada wajah yang telah disapu dengan air hangat tersebut. Sedang gunanya air es atau air kulkas untuk merapatkan pori-pori pada kulit muka


B.   Bedak Dingin.
Bedak dingin bentuknya ada dua macam:
1.    Bulat-bulat seperti telur cicak kecil-kecil.
2.    Masih merupakan tepung.

Cara pemakaian:
Bagi yang berbentuk seperti telur cicak, kita ambil 1 atau 2 butir diremas-remas dengan air sedikit kemudian dibedakkan pada kulit muka kalau mau tidur. Bagi bedak yang merupakan tepung ambil setengah sendok teh kecil juga dicampur sedikit air dibedakkan pada kulit muka hingga merata kalau mau tidur. Rasanya pada kulit muka, segar, dingin, berbau sedap dan harum karena dari ramuan tradisional. Paginya kulit muka kita cuci dengan air biasa.
2.
PERAWATAN KULIT BADAN
A.  Pemakaian Lulur atau Bedak Mangir.
Bedak mangir atau lulur tersebut dicampur dengan sedikit air sebagaimana memakai bedak dingin pada kulit muka. Kalau sudah dicampur dengan sedikit air terus digosokkan ke seluruh badan beserta kedua kaki dan tangan. Biasanya memakai bedak mangir dapat dilakukan 3 kali dalam seminggu. Bagi para remaja putra maupun putri yang menjelang pernikahan baiknya bedak mangir tiap-tiap akan tidur berturut-turut selama 1 minggu sebelum pernikahan.


B.  Mandi Rempah
Meyediakan air dingin 5 gayung atau ± 6 liter. Ramuan yang disiapkan:
1.    Pandan (5 lembar diiris-iris lembut).
2.    Jeruk purut (2 buah).
3.    Temu giring (1/4 kg).
4.    Daun kemuning (1/4 kg).
5.    Daun serai (3 batang).
6.    Kayu manis (± 1 ons).

Cara membuat:
1.    Pandan diiris-iris lembut.
2.    Jeruk purut dibelah menjadi 2.
3.    Temu giring dikupas, diiris-iris.
4.    Daun kemuning dibuang tangkainya/ kayunya yang besar-besar.
5.    Daun serai dicuci bersih.
6.    Kayu manis dicuci bersih.
Semua bahan direbus dengan air yang sudah disiapkan 5 gayung sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, diturunkan dari atas jerangan api, kemudian air yang sudah mendidih bersama-sama dengan ramuan rempah-rempah tersebut dituangkan dalam ember mandi besar, yang sebelumnya sudah disaring dengan kain tipis, kemudian dicampur dengan air dingin. Sekiranya campuran air tersebut menjadi hangat suam-suam kuku.
Cara mempergunakannya:
Pertama kali mandi biasa, tubuh badan kita sabun yang bersih dengan sabun mandi. Boleh mandi dengan air dingin atau hangat. Kalau seluruh tubuh sudah dibilas dengan air bersih dan sudah dihilangkan bekas sabunnya hingga kesat, maka langsung masuklah ke dalam ember mandi yang berisikan air rempah-rempah tersebut. Lama berendam ± ¼ jam sambil seluruh tubuh disirami dengan air rempah-rempah tersebut. Kalau sudah cukup ¼ jam lamanya kita berendam. Kita turun dari air rendaman rempah-rempah tersebut. Langsung tubuh kita keringkan memakai handuk. Dan tidak usah dibilas dengan air dingin atau dengan air biasa. Niscaya tubuh kita akan terasa segar, bercahaya serta berbau sedap dan harum.
Hasiat mandi dengan air rempah-rempah:
1.    Memperlancar peredaran darah.
2.    Mengurangi berat badan.
3.    Mengobati badan/ menghilangkan bau badan yang tidak enak.


C. Mandi Yang Mengandung Obat
Kalau kita mampunyai gatal-gatal atau kudis pada kulit kita. Maka kita dapat berobat secara tradisional dengan mandi. Cara dan prakteknya sama dengan mandi rempah pada kolom B. Hanya saja ramuan rempah-rempahnya agak berbeda.
Ramuannya adalah sebagai berikut:
1.    Daun brotowali : ¼ kg.
2.    Daun beluntas: ¼ kg.
3.    Bunga kenanga: 1 ons.
4.    Kunyit: 2 ons.
5.    Temu lawak: 2 ons.
6.    Dlingo-benge: 2 ons.
7.    Jeruk purut: 2 buah.
8.    Kembus: 20 biji.
9.    Cengkih: 20 biji.

Cara praktek mandi:
1.    Daun brotowali menghilangkan gatal-gatal dan mengandung zat pahit yang bekerja  menetralisir lemak di badan dan mengilangkan bau badan. Dibantu juga karena panasnya air rendaman rempah-rempah yang menghancurkan lemak di badan.
2.    Daun luntas untuk menghilangkan lemak di badan.
3.    Bunga kenanga bersifat mengharumkan.
4.    Kunyit umbinya mengandung zat kuning, pati dan hidrat arang.
5.    Temu lawak dipakai akar tinggalnya berbau aromatik dan rasanya pahit tetapi mengandung obat.
6.    Dlingo yang dipakai akar tinggalnya mengandung lendir zat putih telur dan penyamak.
7.    Bengle yang dipakai akar tinggalnya mengandung zat lemak dan rasanya pahit.
8.    Kulit jeruk purut menyegarkan bau badan.
9.    Kemukus dan cengkih barbau semriwing dan melonggarkan pernafasan.
3.
PERAWATAN KULIT AGAR BADAN LEBIH HALUS
(Dengan cara yang lebih sederhana)

Cara merawat kulit badan, disamping dengan ramuan yang bermacam-macam, kita mencari daun kemetir atau juga disebut dengan daun petai cina, yang daunnya lembut-lembut. Kita ambil menurut keperluan. Terus kita tumbuk dan digilas-gilas di atas batu yang rata, atau kita tumbuk di atas pipisan kalau ada. Dalam menumbuk daun tersebut, dicampur dengan sedikit air agar menjadi lumat. Cara penggunaannya ialah pada waktu kita mandi daun petai cina yang sudah halus tersebut kita gosokkan ke seluruh kulit badan seperti kalau kita memakai sabun mandi. Lakukanlah pekerjaan ini seminggu dua kali. Kulit badan kita akan halus dan licin.

Keterangan:
Pipisan adalah suatu alat mandi untuk menggilas/ menumbuk obat-obatan tradisional, yang terbuat dari batu, panjangnya kurang lebih 40 cm dan lebarnya ± 30 cm.
4.
PERAWATAN PERUT AGAR TETAP LANGSING (Mengurangi kegemukan)

Bagi orang yang mempunyai perut buncit dan banyak lemak, biasanya ingin sekali mengurangi berat badan tersebut dan mengecilkan perutnya. Cara mengurangi kegemukan badan dan mengecilkan perut yang buncit ada 3 cara:
1.    Dengan pengobatan secara tradisional:
a.    Kapur sirih basah: 1 sendok teh.
b.    Minyak kayu putih: 1 sendok teh.
c.    Air jeruk nipis: 1 sendok makan.

Caranya:
Ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu terus dioleskan pada perut dan pinggang sehinga merata. Tunggu sampai kering kalau sudah kering pakailah korset atau kain stagen.

2.    Pengobatan yang kedua:
Air teh pahit 1 gelas dicampur dengan perasan jeruk nipis secukupnya terus diminum.

3.    Pengobatan yang ketiga:
Minum air teh hijau. Ialah teh yang khusus untuk segala macam penyakit dalam. Dan kalau minum air teh tersebut badan gendut kurang lebih tempo sebulan badan sudah mengecil dan berat badannya dapat berkurang. Karena dengan minum air teh hijau ini dapat mengurangi timbunan lemak yang ada dalam perut. Teh hijau ini dapat dibeli di apotek atau diperoleh di tiap-tiap pasar swalayan.
Ketiga macam cara pengobatan ini dilaksanakan sekaligus tidak ada efek sampingnya, bahkan akan cepat berhasil.
5.
PERAWATAN BADAN AGAR MENJADI GEMUK

Kebanyakan orang ingin mempunyai tubuh langsing dan ramping, tetapi orang yang mempunyai badan kurus juga ingin gemuk. Ramuan dan cara mengerjakannya ada 2 macam:
1.    Cara 1.
Bahan:
a.    Kunyit: 2 ons.
b.    Kelapa tua: ½ butir.
c.    Air: 1 liter.
d.    Gula aren: secukupnya.

Cara pengobatan:
a.    Kunyit dan kelapa tua dikupas dan dicuci.
b.    Kunyit dan kelapa diparut.
c.    Air yang 1 liter dibagi 2 untuk memeras parutan kelapa dan kunyit.
d.    Santan kelapa dan air kunyit dicampur dengan gula aren. Direbus sampai mendidih.
e.    Minumlah ramuan tersebut pagi, siang dan malam menjelang tidur.

2.    Cara 2.
a.    Tiap hari harus minum air putih masak dingin dengan ketentuan:
1.    Umur 6 - 12 tahun 1 liter/ hari.
2.    Umur 12 - 25 tahun 1½ liter/ hari.
3.    Umur 25 ke atas 2 liter/ hari
b.    Usahakan menghirup udara segar tiap pagi antara jam 5 – 6 pagi.
Semua ini dikerjakan antara 1 – 3 bulan.
6.
PERAWATAN RAMBUT AGAR TUMBUHNYA SUBUR

Kalau rambut kita ingin tumbuh dengan subur, maka merawatnya adalah:
Pertama kali kita ambil daun lidah buaya yang bentuknya seperti sebilah keris tepinya. Daunnya tebal dan dalamnya berlendir. Lendir lidah buaya inilah yang kita pakai menyuburkan rambut.

Caranya:
Daun lidah buaya kita kupas kulitnya yang hijau. Lendir dalamnya kita ambil dan oleskan pada dasar kepala tempat tumbuhnya rambut. Mengoleskannya  sambil ditekan-tekan, agar lendir tersebut dapat meresap pada pori-pori kepala tempat tumbuhnya rambut. Setelah itu kepala kita bungkus dengan handuk, terus tidur. Bangun tidur rambut kepala terus kita keramasi dengan bersih. Lakukan pekerjaan ini berkali-kali hingga berhasil.

1 komentar: