Rabu, 26 Januari 2011

DIIT PENYAKIT DIABETES MELITUS (DM)

Data terbaru dari Federasi Diabetes internasional, Diabetes Atlas menunjukkan 285 juta orang yang menderita diabetes ternyata lebih banyak menimpa kaum muda. Lebih dari separuh jumlah tersebut adalah penduduk usia muda antara 20-60 tahun.

Data tersebut juga menunjukkan Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara terbanyak menderita dibetes, dengan India menempati peringkat pertama, kedua Cina dan AS ketiga.

Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) memproyeksikan jumlah penderita diabetes di Indonesia akan membengkak sekitar 24 juta orang pada 2025. Angka ini melonjak hampir dua kali lipat dari angka penderita diabetes saat ini sekitar 12 juta orang.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) DR. Dr Achmat Rudianto SpPD-KEMD masalah diabetes di Indonesia akan berdampak besar pada ekonomi jika dibiarkan.

“Karena biaya penanganan diabetes, apalagi jika sudah terjadi komplikasi,” ujar dia.

Menurut data Departemen Kesehatan pada 2008 terdapat 5,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau 12 juta orang menderita diabates. Orang yang masuk ke dalam golongan pra diabetes bahkan mencapai 11 persen.

Diabetes mellitus tipe 2 terjadi karena kombinasi dari kecacatan dalam produksi insulin dan resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitifitas terhadap insulin. Akibatnya insulin yang dibutuhkan tubuh tidak dapat terserap dan malah terbuang.

Read more: http://indodiabetes.com/awas-diabetes-mengincar-kaum-muda.html#ixzz1CAIMnR9g

DM adalah suatu penyakit metabolik yang menyebabkan ganggu pada metabolisme hidrat arang, lemak dan protein sebagai akibat kekurangan insulin.

Syarat – syarat diit DM :
  • Energi diberikan sesuai dengan umur, jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan
  • Proporsi hidrat arang terhadap energi tidak banyak berbeda dengan makanan anak sehat
  • Proporsi protein terhadap energi adalah 15 – 20%
  • Proporsi lemak terhadap energi adalah 20 – 25%
  • Cukup mineral dan vitamin
  • Cukup serat untuk memberikan rasa kenyang
  • Pemberian makanan disesuaikan dengan macam obat yang diberikan
  • Memberikan motovasi dan penyembuhan kepada anak dan orang tua
  • Semua bahan makanan boleh diberikan dalam jumlah yang telah ditentukan, kecuali gula murni seperti yang terdapat pada :
         1. Gula pasir, gula jawa,
         2. Sirup, selai, jelli, minuman botol ringan (soft drink), es krim
         3. Kue – kue manis, dodol, bolu, cake, tarcis
         4. Permen, permen coklat
         5. Abon, dendeng manis, sama sekali tidak boleh

4 komentar:

  1. 1. AYAM PANGGANG.
    Ayam Panggang yang Aman dari Diabetes Mellitus
    Ditulis oleh COCO CHAN

    Anda ingin makan lezat, tapi takut menderita diabetes? Apakah juga Anda sudah terkena penyakit diabetes sehingga tersiksa oleh aturan menu ketat rendah kalori? Sangat wajar, banyak orang yang ketakutan, sebab diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Jangan khawatir, kami memiliki menu khusus untuk mencegah dan mengendalikannya.

    Terutama Anda yang mengemari masakan daging, seperti bistik, ayam panggang, dan sate. Berikut ini kami berikan contoh resep ayam panggang bumbu rujak yang sehat bagi penderita diabetes mellitus.

    Bahan:
    - ½ ekor ayam, buang kulitnya, potong empat bagian,
    - 2 sdm minyak jagung, dan
    - 750 ml santan encer dari ½ butir kelapa.

    Bumbu yang dihaluskan:
    - 5 butir bawang merah,

    Doc. Demedia

    - 3 siung bawang putih,
    - 3 butir kemiri,
    - 2 sdm cabai merah giling,
    - ½ cm kunyit,
    - ¼ sdt gula merah, dan
    - 1 sdt garam.

    Bumbu lainnya:
    - 1 cm lengkuas, memarkan,
    - 1 lembar daun salam,
    - 5 cm serai; memarkan, dan
    - ½ sdt asam jawa; larutkan dalam air panas dan saring.

    Cara Membuat
    1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Tambahkan lengkuas, salam, dan serai. Tumis hingga matang.
    2. Masukkan ayam dan air asam jawa, biarkan hingga ayam berubah warna.
    3. Tuangkan santan encer, masak hingga ayam setengah matang.
    4. Setelah ayam tiga perempat matang, kecilkan apinya. Masak hingga santan mengental, angkat.
    5. Panggang ayam di atas bara atau di dalam oven sambil dilumuri dengan kuah bumbu sampai ayam matang. Angkat, sajikan.

    Nilai gizi dalam ayam panggang ini tidak melebihi batas normal komposisi yang dibutuhkan. Yakni, energi: 251.7 kkal, protein: 10.1 gr, lemak: 22.5 gr, dan karbohidrat: 4.7 gr.

    Untuk menu-menu lainnya, Anda bisa mendapatkannya di dalam buku "Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes Mellitus" yang ditulis Ayu Bulan Febry, S.KM., ahli gizi di Instalasi Gizi RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Jawa Timur.

    Tanpa menghilangkan rasa kelezatan santapan Anda, penulis memberikan menu-menu sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan energi dan pembagian waktu makan sebanyak enam kali setiap hari. Pola ini akan menjaga Anda dari risiko diabetes mellitus.

    Selamat menjalani hidup sehat!

    BalasHapus
  2. Pola 3J
    Ahli gizi lain, dr. Andry Hartono D.A. Nutr., dari RS Panti Rapih, Yogyakarta menyarankan pola 3J yakni:

    1. Jumlah kalori,
    2. Jadwal makan, dan
    3. Jenis makanan.

    Bagi penderita kencing manis yang tidak mempunyai masalah dengan berat badan tentu lebih mudah untuk menghitung jumlah kalori sehari-hari. Caranya, berat badan dikalikan 30. Misalnya, orang dengan berat badan 50 kg, maka kebutuhan kalori dalam sehari adalah 1.500 (50 x 30). Kalau yang bersangkutan menjalankan olahraga, kebutuhan kalorinya pada hari berolahraga ditambah sekitar 300-an kalori.
    Jadwal makan pengidap diabetes dianjurkan lebih sering dengan porsi sedang. Maksudnya agar jumlah kalori merata sepanjang hari. Tujuan akhirnya agar beban kerja tubuh tidak terlampau berat dan produksi kelenjar ludah perut tidak terlalu mendadak.

    Di samping jadwal makan utama pagi, siang, dan malam, dianjurkan juga porsi makanan ringan di sela-sela waktu tersebut(selang waktu sekitar tiga jam).
    Yang perlu dibatasi adalah makanan berkalori tinggi seperti nasi, daging berlemak, jeroan, kuning telur. Juga makanan berlemak tinggi seperti es krim, ham, sosis, cake, coklat, dendeng, makanan gorengan. Sayuran berwarna hijau gelap dan jingga seperti wortel, buncis, bayam, caisim bisa dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak, begitu pula dengan buah-buahan segar. Namun, perlu diperhatikan bila penderita menderita gangguan ginjal, konsumsi sayur-sayuran hijau dan makanan berprotein tinggi harus dibatasi agar tidak terlalu membebani kerja ginjal.

    BalasHapus
  3. Kudapan atau snack memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari penderita diabetes. Snack diantara waktu makan penting untuk menjaga kadar glukosa darah agar mendekati tingkat normal serta membantu mencegah kadar gua darah rendah (hipoglikemia).

    Bagi penderita diabetes, menikmati snack sangat dimungkinkan tanpa mengganggu perencanaan makanan diabetes mereka. Salah satu cara menjaga kadar gula darah dalam takaran seimbang adalah dengan jadwal makan yang teratur dalam menu sehari-hari. Kebanyakan penderita diabetes perlu makan setiap 4-6 jam, dengan menyantap kudapan 1-2 kali per hari. Salah satu santapan kudapan tersebut bisa dilakukan menjelang waktu tidur malam, untuk mencegah rendahnya kadar gula darah ketika sedang tidur.

    Berikut daftar makanan ringan untuk diabetes yang dapat Anda pilih:

    * 1 cangkir yogurt rendah lemak dengan 3 gram biskuit
    * 2 potong roti gandum utuh dengan 2 ons dada ayam, selada dan tomat
    * ½ cangkir sereal sarapan (pilih yang kaya serat) dengan 8 ons susu skim
    * ½ roti gandum dengan satu potong keju rendah lemak dan irisan ketimun
    * ½ cangkir strawberry dengan 2 ons keju rendah lemak
    * 1 cangkir campuran sayur hijau, 2 ons ikan tuna, 1 sendok makan minyak zaitun
    * 1 pisang sedang beroleskan 1 sendok makan selai kacang

    Yang perlu digaris bawahi saat memilih kudapan untuk diabetes adalah memastikan untuk memilih snack yang kaya serat, cukup protein dan karbohidrat serta rendah kalori. Pastikan Anda membaca label makanan yang akan Anda konsumsi. Jaga pula konsumsi buah dan sayuran segar dan perhatikan makanan utama Anda.

    Anda harus kreatif mengatur kudapan yang Anda makan diantara waktu makan besar, pastikan kebutuhan gizi Anda terpenuhi sehingga level gula darah Anda selalu terkontrol.

    BalasHapus
  4. lagi info tentang diabetes di SIHAT SELALU - Penawar Diabetes Mujarab

    BalasHapus