Minggu, 23 Januari 2011

bagaimana pertolongan pertama jika ada yg kena serangan jantung / stroke ringan. dengan deteksi dini.

Stroke adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan aliran darah ke otak yang ditandai dengan penurunan fungsi saraf secara mendadak yang terjadi dalam waktu lebih dari 24 jam.
Adapun fungsi saraf yang dimaksud adalah seperti kelumpuhan anggota gerak (tangan dan kaki sulit digerakkan), bicara menjadi rero atau artikulasi menjadi tidak jelas, lidah mencong, sulit membuka kelopak mata,mati rasa pada wajah, hingga penderita menjadi terlihat bingung atau tidak sadarkan diri.
Serangan jantung sendiri adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan aliran darah ke jantung sehingga menimbulkan gejala seperti nyeri dada (tertimpa, terbakar atau tertusuk-tusuk di daerah dada). Jika Anda menderita nyeri di daerah dada namun anda dapat menunjukkan dengan pasti lokasi nyerinya, maka kemungkinan itu bukan serangan jantung, karena sifat nyeri dari serangan jantung adalah menyebar sehingga sulit menjelaskan lokasi pastinya.
Terkadang nyeri dirasakan menjalar hingga ke lengan kiri, ataupun bahu. Nyeri juga dapat disertai jantung berdebar-debar, keringat dingin, sesak nafas dan terkadang dapat disertai dengan mual dan muntah.
Jika Anda atau sanak keluarga Anda mengalami tanda-tanda dan gejala seperti tersebut diatas, ada kemungkinan mereka menderita stroke atau serangan jantung.Sulit untuk memprediksikan derajat keparahan dari kedua penyakit ini hanya dengan melihat tanda dan gejalanya.
Diperlukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan diagnosa penderita. Selain itu penanganan penyakit ini juga bergantung dari hasil pemeriksaan, sehingga semakin cepat penderita dibawa ke rumah sakit, akan semakin baik.
Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan terhadap penderita sebelum dibawa ke rumah sakit diantaranya yaitu:Pada penderita yang dicurigai menderita serangan jantung dan masih sadar, cobalah menenangkan pasien dan membuat pasien merasa relaks, atur pernafasan, kendurkan pakaian yang dirasa ketat seperti kerah baju.
Berikan pengobatan jika pasien sudah pernah menderita serangan ini dan telah diberikan obat oleh dokter. Yang terpenting adalah panggil bantuan dan segera bawa penderita ke tempat pelayanan kesehatan sesegera mungkin.Pada penderita yang dicurigai menderita stroke, tidak ada pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Segera cari bantuan dan bawa penderita ke tempat pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar